Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Biak
Mei 31, 2023Permasalahan dalam penelitian ini terfokus pada Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas Sesuai Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 6. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis data kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi melalui kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas dan siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa SMP Negeri 2 Biak kota yang merupakan sekolah unggulan di Kabupaten Biak-Numfor dengan Akreditasi A telah melaksanakan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas, hanya saja perlu ditingkatkan, hal ini ditunjukkan dengan sarana dan prasarana yang harus dilengkapi, lebih optimal serta profesionalisme guru mata pelajaran dalam menyusun dan melaksanakan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter berbasis kelas (perangkat pembelajaran/RPP), maka evaluasi, dukungan ini perlu dimaksimalkan. dari manajemen sekolah harus lebih ditingkatkan, melalui kerjasama dengan guru dan orang tua, serta konsistensi guru mata pelajaran dalam menerapkan dan mengevaluasi nilai-nilai penguatan pendidikan karakter di kelas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah upaya guru dan manajemen sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah harus lebih ditingkatkan melalui sarana dan prasarana yang lebih memadai, workshop dan seminar yang dihadiri oleh guru serta aktifnya manajemen sekolah dalam mengelola bakat dan bakat siswa. agenda kompetensi. Secara rutin.
Link Jurnal: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1683
0 comments